Menonton merupakan salah satu kegemaran saya pribadi. Di tengah ramai nya film horror yang menyelimuti perfilman indonesia, masih banyak juga film-film berkualitas yang muncul sebut saja habibie dan ainun, the raid, java heat dan sebagainya. Akan tetapi entah kenapa, film horor masih menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tentu saja dapat dibuktikan dengan tetap banyaknya bermunculan film-film bertemakan hantu tersebut. Sebenarnya tidak jadi permasalahan jika isi dari film tidak melenceng dan memang memfokuskan pada ketegangan dan adrenalin untuk para penikmatnya. Misalnya saja film jelangkung yang sempat ngetop beberapa tahun silam karena memang fokus pada cerita yang menyeramkan. Atau bagi anda yang sekarang sedang beranjak dewasa atau sudah dewasa, Sudah tentu tak asing dengan nama Suzana kan. Film-film horor tempoe doeloe yang dibintanginya sukses dan berhasil membuat siapapun yang menontonnya ketakutan setengah tewas. Pengalaman pribadi saya saja, kadang kalo mau kemana gitu apalagi ketempat gelap dan sepi bawaanya parno gara-gara abis nonton film Suzana. 

Bahkan sampe sekarang belum ada yang bisa menyamai atau menggantikan peran beliau sebagai Artis Horror Terbaik. 
Ada kok ? | Siapa ? | Ntu Jupe, kan dia titisannya Suzana... | *LoL...  
Jupe yang digadang-gadang jadi titisannya Suzana masih belum ada apa-apanya. Klo menurut saya pribadi, orang-orang yang nonton dia main bukannya takut, tapi malah nafsu. -_-'
Sekarang ini, sebagian besar film-film horor di Indonesia sudah berubah kiblat dan kehilangan jati diri sebagai film horor yang sebenarnya.

Maksudnya ?
Begini sodarah-sodarah, seperti yang kita ketahui, sekarang film-film bergenre hantu hanya menjadi kedok semata. Apa sebab ? | karena kebanyakan yang ditampilkan dan isi dari film-film tersebut mengarah pada sensualitas serta "kedewasaan". Mereka (produser dan antek-anteknya) mengcover dan mengatasnamakan sebuah film dengan genre horror. Tapi pada kenyataannya ? | Terlalu banyak adegan-adegan vulgar yang ditayangkan. Bahkan sekarang ini, judul-judul filmnya saja sudah makin ngawur dan gak masuk akal sehat ( karena memang yang buatnya gak sehat kali ya pikirannya :p ). Buktinya mana ? | ada beberapa film yang pemainnya saja mesti di impor langsung dari luar negeri yang notabene mereka adalah aktris-aktris film dewasa dinegara mereka. Kenapa coba mesti aktris film dewasa ? emangnya gak ada gitu aktris lain yang memag berbobot. Ngundang Yui kek, Utada Hikaru mungkin. Atau siapa aja yang berkompeten di dunia perfilman. Bukannya Maria Ozawa ataupun Aiko siapa gitu (sorry gak inget). Ini sama aja mengkampanyekan mereka. Dari pemilihan pemainnya aja udah agak gimana gitu. Terus apalagi ? | Dari trailler filmnya saja udah nampak ko' adegan-adegan yang menjerumus ke arah sensualitas. Selain itu ? | Judul filmya yang ngawur dan semakin aneh, nih misalnya aja :
Kepergok Pocong
(Ini jelas-jelas pocongnya kegatelan dan keganjenan... Ngapain juga manusia dipergoki, memangnya si do'i punya cowok manusia yang dicurigai selingkuh gitu... -_-')
Hantu Nenek Gayung 
(Ini kayaknya meskipun udah jadi hantu, si nenek tetep pengen mandi... klo mandi sendiri gak masalah kali ya, tjang jadi masalah nih nenek-nenek kebelet banget pengen mandiin orang...),
Tali Pocong Perawan
(Saya agak bingung dengan maksudnya, apa coba hubungan tali pocong sama perawan)
Bangkitnya Suster Gepeng
(Kasin banget ini suster, udah mirip sejenis bakso aja...)
Arwah Goyang Karawang 
(Setan aja bisa joged-joged dangdut gitu -_-')
Pocong Ngesot
(Gak Absurd gimana coba, pocong ntu kan dibungkus ya kayak permen gitu, apa gak ribet cyiiin mesti ngesot.... Apa gak kasian ya, emaknya mesti nyuciin kain kafannya dia yang kotor gara-gara jalannya ngesot...)
 

Kuntilanak Kesurupan 
(ini judul film paling Absurd bin Aneh menurut saya. Gimana gak aneh coba, dia itu setan tapi bisa kemasukan setan lain... inikan ibarat jeruk makan jeruk...).
Pocong Minta Kawin
(Nah, yang ini saya setuju, daripada dia hidup didunia yang penuh dengan pergaulan bebas. Mendingan kawin aja, lebih halal thayiban...)
Hantu Puncak Datang Bulan
(ini hantu kayaknya masih usia produktif, buktinya masih datang bulan...)
Bukan Pocong Biasa
(klo bukan pocong biasa, terus pocong apaan ? pocong spesial pake telor gitu ??? )
Setan Facebook
(Ternyata setan gak mau ketinggalan zaman, ada akun facebook juga, twitter ada gak ya ? jangan-jangan do'i ngeblog juga...)
Setan Budeg
(Selain ada setan punya fb, ada juga ya setan budeg, kasian amat ntu setan...)
Kungfu Pocong Perawan
(Psssssstttttttt...... Apa coba korelasi antara ketiga hal tersebut. Gimana Pocong ntu mau kungfu kalo dia nya aja masih kebungkus kayak permen candy-candy gitu... Nambah Perawan lagi, kenapa gak janda beranak 7 aja sekalian... -_-' epic...):die:

Sebenarnya masih banyak judul film aneh lainnya yang bisa bikin ngakak dan bikin kita mikir keras. Cuma kalo saya tulis semua lumayan pegal dan gak nahan pengen ketawa melulu.

Mengutip pernyataan dari salah seorang dosen di kampus, bahwa tidak sedikit orang-orang yang di bodohi dengan film-film horor seperti ini. Lah, Kok Bisa begitu ? Begini pendapat beliau :

Pertama, mereka mesti membeli tiket dulu buat nonton. Itukan perlu biaya dan mesti ngantri pula kalo rame
Kedua, Sudah mereka bayar mahal-mahal untuk tiket, yang nonton malah ditakut-takutkan lagi...
Ketiga, karena saking ketakutannya, yang nonton kadang gak brani buat ngelototin matanya ke layar dan melihat adegan di film tersebut. Gimana gak rugi coba, klo udah bayar tapi gak nonton..
Keempat ato yang terakhir, sehabisnya mereka nonton film, mereka ceritakan (sebenarnya ini juga modus mau pamer sih klo udah nonton) keseraman film tersebut, ketakutan mereka dan ketidakberanian mereka menonton sebagian di film tersebut kepada teman-temannya yang belum nonton. Agak aneh kan, kebodohan mereka yang pertama, kedua dan ketiga malah diceritakan ke orang lain... :p
But, semua itu kan pendapat dari dosen saya, yang dia denger langsung dari mahasiswanya saat mahasiswa tersebut melakukan kesalahan point nomor empat. Akan tetapi klo mau ditelaah, memang ada benarnya apa yang disampaikan oleh beliau.

Jadi, Salah kah kalau mesti nonton film horror ? | tentu saja tidak mas bro dan mbak bro, karena itu bagian dari hiburan dan tentunya setiap orangkan memiliki selera yang berbeda. Akan tetapi, yang paling penting adalah kita harus pandai memilah dan memilih film mana yang memiliki kualitas untuk layak ditonton. Film horor seharusnya tidak hanya menakutkan saja, tentu harus ada pesan moral didalamnya. Agar penonton mendapatkan suguhan yang tidak hanya menghibur tetapi juga bermanfaat.
Ini ada beberapa referensi film-film horor yang memang benar-benar horor (bukan jadi-jadian horornya) :
tapi gak pake sinopsis ya, kebanyakan soalnya... :







Masih ada banyak juga sebenarnya film-film horor, tetapi kebanyakan film-film yang sudah jadul... Baiklah, semoga bisa menjadi bahan referensi dan semoga bermanfaat...
Selamat ber  ria... :)



0 komentar:

Archives

Members

Total Tayangan Halaman

Twitter